Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Timnas Italia Melenggang Lolos ke Piala Eropa 2020

timnas italia lolos ke piala eropa

Topmetro.News – Timnas Italia melenggang lolos ke Piala Eropa 2020, setelah menundukkan Timnas Yunani dengan skor 2-0. Dalam penyisihan grup kualifikasi Piala Eropa 2020 berlangsung, pada Minggu (13/10/2019) dinihari WIB di Stadion Olimpico, Roma. Lolosnya timnas Italia ke Piala Eropa 2020, menebus kegagalan tampil ke Piala Dunia 2018 lalu.

Dua gol kemenangan Timnas Italia itu, dicetak Jorginho menit ke-63 lewat hadiah penalti dan gol pemain pengganti Federico Bernardeschi menit ke-78. Timnas Italia tetap sempurna, meraih tujuh kemenangan dari tujuh pertandingan. Italia lolos kualifikasi dengan tiga laga tersisa, untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Absennya sejumlah pemain, seperti Alessandro Florenzi, Emerson Palmieri, Lorenzo Pellegrini, Giorgio Chiellini, dan Stefano Sensi memang sedikit memusingkan sang pelatih Roberto Mancini. Namun, meski sempat terbentur tembok solid Yunani, Azzurri tetap mampu meraih hasil terbaik.

Timnas Italia yang masih sempurna hingga pertandingan ke-6, punya kesempatan untuk mengamankan kelolosan ke EURO 2020 dengan kemenangan. Sementara itu, Yunani, yang baru mengumpulkan lima poin, wajib mengalahkan Azzurri jika ingin menjaga peluang mereka.

Pelatih Roberto Mancini menurunkan komposisi terbaik yang dimilikinya. Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne dipercaya jadi starter di lini depan Italia. Di lini belakang, Leonardo Bonucci melakoni penampilan internasionalnya yang ke-92.

Timnas Yunani sempat mengancam lewat Dimitrios Limnios di menit ke-12, tapi digagalkan oleh Gianluigi Donnarumma. Setelah itu, Italia bermain dominan dan menguasai permainan dengan ball possession melebihi 70%. Hanya saja, itu tak berbanding lurus dengan serangan mereka. Yunani, yang menolak kalah, berusaha sekuat tenaga untuk menghindarkan gawang mereka dari kebobolan. Tanpa satu pun tembakan tepat sasaran, Italia harus puas dengan skor 0-0 di babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Italia perlu meningkatkan kreativitas dan menambah variasi serangan, untuk dapat memenangkan pertandingan tersebut. Instruksi sang pelatih Roberto Mancini terbukti, serangan bervariasi itu akhirnya menghasilkan gol di menit ke-62.

Gol yang dipersembahkan Timnas Italia itu, berawal dari permainan kombinasi dengan Marco Verratti di dalam kotak penalti Yunani, Insigne melepas tembakan yang mengenai tangan Andreas Bouchalakis. Wasit mengganjarnya kartu kuning dan memberi Italia hadiah penalti. Jorginho maju sebagai algojo dan dengan tenang mengkonversinya menjadi gol.

Unggul 1-0, membuat Timnas Italia semakin percaya diri. Gol kedua Timnas Italia terjadi dimenit ke-78. Kali ini lewat Bernaderschi. Bernardeschi menembak menyilang dari luar area di sisi kanan. Bola sempat deflected sebelum bersarang di sudut bawah. Italia memegang kendali penuh, dan berusaha menambah gol di sisa waktu yang ada. Hanya saja, tak ada gol lagi yang tercipta. Namun, itu sudah cukup untuk membuat Italia berpesta.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment